Ads 468x60px

Minggu, 13 November 2011

Aplikasi Android Bantu Siswa Belajar

Shutterstock
Belajar tidak hanya dapat dilakukan dengan membaca buku. Kini dengan aplikasi berbasis teknologi digital, siswa dapat belajar melalui ponsel ataupun tablet.
Salah satu aplikasi mobile lokal yang sedang dikembangkan adalah Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS). Aplikasi tersebut berisi video pembelajaran, video pencerahan, MP3 pembelajaran, simulasi, ebook, teori singkat, arsip soal (UN, SNMPTN dan tes PTN lainnya), latihan try out atau soal, pengenalan jurusan PTN hingga aplikasi untuk bahan ajaran siswa SMA secara interaktif.
Namun untuk sementara, aplikasi ini baru bisa berjalan di smartphone Android seri 2.2 Froyo ke atas. Tahap awal, aplikasi mobile ini akan diuji coba di SMA Alfa Centauri Bandung. Di SMA Alfa Centauri, direncanakan untuk ajaran 2012/2013 setiap siswa akan menggunakan Tablet PC berbasis Android yang sudah dilengkapi dengan S2DLS.
Sebelumnya, aplikasi S2DLS ini sudah ada versi dekstop dan sudah digunakan oleh siswa LBB Sony Sugema College dan SMA Alfa Centauri, dan terbukti sangat membantu mereka dalam memahami materi pelajaran.
Model pembelajaran secara digital diharapkan bisa mendorong siswa belajar mandiri dan mendalami materi dari mana saja dan kapan saja. Evaluasi belajar pun bisa dilakukan secara online sehingga tidak memboroskan kertas seperti sistem pembelajaran saat ini.
Tidak hanya memudahkan siswa, bagi guru pun juga akan lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran. Guru akan dikembalikan fungsinya sebagai pendidik yang menemani siswanya tanpa harus menjelaskan materi panjang lebar di depan kelas.

Sumber : Kompas Tekno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertising